"kawasan wajib belajar,"
saya bukan orang pintar, karena orang pintar dulunya bodoh, saya adalah orang bodoh yang ingin belajar.

Tugas analisa desain web (20 situs)

بسم الله الرحمن الرحيم



Dalam tugas ini saya memilih untuk menganalisa mengenai Toko Online yang menjual buku-buku baru maupun bekas, karena menurut saya keberadaan toko buku sekarang sangat jarang dijumpai di setiap kota kecuali di kota-kota besar. Daripada elektronik dan lainya. Akhirnya orang akan lebih mencari informasinya lewat internet. apalagi buku tidak mudah rusak daripada barang elektronik.
Daftar 20 situs buku online yang dianalisa :


1. http://www.gramediaonline.com
2. http://www.bukuonline2u.com
3. http://www.bookoopedia.com
4. http://www.book.store.co.id
5. http://www.BukaBuku.com
6. http://www.bukudedo.com
7. http://www.serbabuku.com
8. http://www.bukukita.com
9. http://www.collinsbooks.com.au
10. http://www.eurekabookhouse.com
11. http://www.kutukutubuku.com/
12. http://www.musiciansbooks.com
13. http://www.palasarionline.com
14. http://www.Inibuku.com
15. http://www.tokogunungagung.co.id
16. http://www.tokomahal.com
17. http://www.dymocks.com.au
18. http://www.Buku-online.com
19. http://www.amartapura.com
20. http://www.gilabuku.com

Kesimpulan
Tentunya situs yang pertama kali saya kunjungi adalah toko buku terkenal “Gramedia” di Gramediaonline.com. walaupun tokonya tidak hanya menjual buku tapi juga stationery atau alat sekolah dan lainya. Tapi karena yang saya ketahui gramedia adalah salah satu penerbit sekaligus penyalur buku terbesar di Indonesia. Pertama kali membandingkan beberapa situs toko buku online ini dengan situs toko online yang lain dan termasuk kelebihanya adalah adanya phrase atau nasihat tentang pentingnya membaca buku, sebagai contoh :
“Selamat Datang di Bookoopedia.com.....
Buku merupakan jendela ilmu. Kehadirannya memberikan arti penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan.
Oleh karena itu, Bookoopedia.com hadir sebagai toko buku online yang bertujuan membantu masyarakat Indonesia memperoleh buku berkualitas dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan, karena disini buku-buku yang diinginkan dapat dipesan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, hanya sejauh jangkauan tangan Anda. Dan juga gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia”
Dari segi warna situs toko buku online ini sebgian besar atau kurang lebih 70% backgroundnya berwarna putih dengan lebar atau widthnya hanya 80%, mungkin untuk mengurangi berat tampilan ketika dimuat dengan koneksi internet yang lambat dan mudah dilihat dengan handphone. Apalagi menurut survey pengunjung akan segera menutup sebuah website yang dituju jika tidak termuat dalam 10 detik. Untuk warna yang paling sering di pakai adalah biru, hijau dan abu-abu. Untuk text kebanyakan berwarna hitam dan biru atau putih apabila background tabelnya tidak berwarna putih, kecuali kutubuku.com yang menggunakan text berwarna merah.
Untuk tab menu yang ada di header, biasanya terdiri dari dari ;
1. Beranda
2. Cara pembelian
3. Cara pembayaran
4. Site map / peta situs
5. About us / tentang kami
Di hampir keseluruhan situs kotak pencarian selalu berada di atas (header atau bawahnya) kotak pencarian di situs toko buku online dibagi menjadi 5 macam yaitu ;
1. Judul buku
2. Pengarang
3. Deskripsi buku
4. Penerbit
5. ISBN atau International Standard Book Number, atau (Angka Buku Standar Internasional).
Menurut saya kotak pencarian ini sangat penting karena pengunjung di toko buku online hanya akan mencari buku yang akan dibeli atau dicari. Selain adanya kotak pencarian juga yang penting lainya adalah daftar buku atau catalog baik dalam bentuk tampilan berurutan di web atau dalam bentuk document (doc atau pdf) yang bisa di download. Ini untuk memudahkan pengunjung yang tidak menemukan buku yang dicari di kotak pencarian atau searching.
Selain terdapat kotak pencarian yang ada 5 macam, catalog, toko buku online selalu menampilkan isi sebagai berikut :
1. Recommended book / buku yang direkomendasikan
Dalam tabel recommended book menampilkan buku yang sesuai dengan efen atau kejadian di bulan itu contohnya : ketika diadakan ujian nasional untuk SMA. Maka isinya adalah buku-buku soal ujian atau buku latihan persiapan menghadapi unas.
2. Best seller
Berisi buku-buku yang paling banyak dibeli atau dicari biasanya disertai dengan testimoni para pembaca dari para ahli untuk menarik pembaca.
3. Buku diskon
Sebagian situs ada yang menapilkanya dalam tabel, tapi ada juga yang menampikanya dalam bentuk gambar slide show di bawah header.
4. Buku baru
Menampilkan beberapa buku yang baru direlease.
Selain dengan desain minimalis, tampilan situs buku online kebanyakan terdiri dari 3 colom, 1 colom dikanan biasanaya berisi kategori buku dan kategori brand atau penerbit.
Secara umum pembagian kategori bukunya adalah
1. Novel fiksi dan cerpen
2. Komputer
3. Manajemen dan bisnis
4. Hobi dan ketrampilan
5. Bacaan anak
6. Pengembangan diri dan motivasi
7. Bacaan remaja
8. Rohani umum
9. Software
10. Desain grafis
11. Roman
12. Sains
13. Ekonomi dan keuangan
14. Sastra dan puisi
15. Dll
Colom yang ditengah sebagai isi dengan ukuran lebar paling besar sekitar 70%, satu kolom colom lagi di sebelah kiri yang berisi kotak custumer yang bisa dihubungi lewat email dan telepon atau alamat toko dan kantor. yang pastinya adalah fan page facebook dan follower untuk twitter yang sekarang banyak pengguanya.

nih hasilnya setelah analisa






Terima Kasih Sudah Mau Membaca.
3 komentar:

Analisanya sangat sistematis. Seandainya para pengelola situs toko buku tersebut membaca, mungkin dapat menjadi referensi agar ada toko buku online lokal yang eksistensinya di dunia maya mumpuni.


terima kasih atas kunjunganya......!!!!


Menilai dan menganalisa suatu desain website dari berbagai macam sudut pandang, selengkapnya --> Analisis Desain Website


Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terbaru


Who am I.....

Foto saya
alhamdulillah, I am just a few people who can feel studying at high school then more of my friend can't feel it....
free counters

Followers

Text Backlink Exchanges Web Link Exchange Text Back Link Exchange Text Backlink Exchanges Text Back Links Exchanges